7 Macam Alat Pemeriksaan Katarak

7 Macam Alat Pemeriksaan Katarak

 

Penyebab gangguan penglihatan pada  mata manusia yang  terbesar disebabkan oleh Katarak. Apa saja alat pemeriksaan Katarak yang dilakukan oleh dokter spesialis mata? Kali ini, Pusat Katarak akan membahasnya. 

Seperti yang kita ketahui, gangguan penglihatan yang disebabkan oleh miopi ( mata minus) dan astigmatisma (mata silinder) dapat diatasi dengan alat bantu penglihatan seperti kacamata dan softlens khusus, sebagai Langkah awal untuk mengatasi gangguan mata tersebut. Namun, jika anda ingin menyembuhkan gangguan mata miopi (mata minus) dan astigmatisma dapat dilakukan dengan lasik. Lasik adalah operasi mata yang dilakukan untuk mengobati rabun jauh, dekat, dan astigmatisme. Lasik menggunakan sinar laser atau microkeratome untuk memperbaiki bentuk kornea mata.

Namun, bila menderita Katarak, maka pasien membutuhkan operasi Katarak yang tentunya melalui proses diagnosa melalui Alat pemeriksaan Katarak yang dilakukan dokter mata.

Baca Juga

Mata Katarak Parah

Katarak

alat pemeriksaan katarak
Mata Katarak

Katarak adalah kondisi abnormal yang menyerang pada lensa mata manusia, di mana terjadi perubahan kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan penglihatan menjadi buram sehingga beresiko kebutaan. Pada umumnya mata manusia dapat melihat dengan jernih, dan mampu menerima cahaya/sinar yang kemudian direfleksikan menuju ke retina atau  saraf mata. Berikut merupakan gejala yang dialami oleh penderita katarak yang wajib anda ketahui:

1.     Pandangan Mata Kabur

Bila Anda mengalami gangguan penglihatan yang kabur atau buram, bisa jadi hal ini menjadi salah satu tanda datangnya Katarak.

 2.     Penglihatan Silau

Biasanya, seseorang akan melihat objek atau sekitar dengan jelas tanpa gangguan cahaya atau silau yang berlebihan. Namun, bagi penderita Katarak semua penglihatan akan terasa mengganggu karena adanya silau.

 3.     Pandangan Seperti Berasap

Bila pandangan Anda atau keluarga mengalami keburaman atau seperti berasap, maka bisa segera dipastikan kondisinya. Pandangan berkabut atau berasap, bisa jadi salah satu gejala Katarak namun juga karena faktor gangguan mata lain.

 4.     Terjadi Perubahan Persepsi Warna

Orang yang menderita Katarak di usia produktif, akan merasakan perubahan pada persepsi warna ini.

 5.     Penurunan Fungsi Penglihatan

Bila memang dirasa mulai sulit mengatur fokus atau melihat objek jarak jauh, maka bisa jadi hal ini menjadi suatu gejala yang patut diwaspadai

Baca Juga

Mengenal Ciri-Ciri Mata Katarak Pada Seseorang

Alat Pemeriksaan Katarak

Auto Refractor Keratometer (ARK)

alat pemeriksaan katarak
Auto Refractor Keratometer (ARK)

Auto Refractor Keratometer (ARK) merupakan salah satu alat pemeriksaan Katarak yang digunakan untuk mencari data kelengkungan kornea pada mata pasien. Alat ini berguna untuk menentukan kekuatan dari lensa tanam yang akan dipasangkan saat melakukan operasi katarak.

  1. Tonometri Non Kontak

Tonometri Non Katarak merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan tekanan bola mata pada pasien. Sebagai langkah awal pada persiapan sebelum melakukan operasi katarak. Kelebihan yang dimiliki oleh alat ini adalah tidak melakukan kontak langsung dengan mata pasien, melainkan dengan menggunakan teknologi hembusan angin untuk meratakan lapisan dari pada kornea mata untuk mendeteksi berapa tekanan bola mata pasien tersebut. Dagu pasien akan diletakkan pada tatakan dan akan dihembuskan angin sebagai pertanda pemeriksaan telah selesai dilakukan.

2. Specular Microscope

Specular Microscope merupakan salah satu alat pemeriksaan katarak yang digunakan sebagai penentu berlanjutnya tindakan operasi. Alat ini adalah salah satu alat pemeriksaan katarak yang berfungsi untuk melakukan pemeriksaan dari pada sel endotel kornea untuk menentukan seseorang dapat melakukan operasi katarak dengan aman.

3. Biometri & Ultrasonografi (USG)

Biometri merupakan alat yang akan melakukan pemeriksaan kepada semua pasien untuk menentukan kekuatan lensa tanam yang akan dipasangkan pada mata pasien di akhir prosedur operasi. Biometri ini merupakan salah satu alat pemeriksaan katarak yang berfungsi untuk pemeriksaan sebelum melakukan operasi pasien akan dicek ulang menggunakan alat ultrasonografi. Ultrasonografi akan digunakan pada bola mata pasien menggunakan probe yang akan diberikan gel transduser untuk dapat menilai kelainan yang terdapat pada mata pasien sebelum dilakukannya operasi. Alat ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi gangguan lain pada mata pasien

4. Slit Lamp

Slit Lamp merupakan alat pemeriksaaan terhadap area luar dari mata pasien  yang tergabung dengan dengan layar monitor agar mempermudah pasien melihat hasil pemeriksaan. Sekaligus dapat melakukan pemeriksaan retina atau saraf mata menggunakan lensa khusus (lensa 90 dioptri) sebagai alat pemeriksaan retina/saraf mata.

5. Streak Retinoscopy

Steak Retinoscopy merupakan alat pemeriksaan katarak yang berfungsi untuk memeriksa tajam penglihatan pada pasien yang tidak komunikatif sebagai contoh adalah pasien anak-anak . Agar dapat memperoleh hasil yang lebih  tepat dan akurat.

6. Retinometri

Retinometri merupakan salah satu alat pemeriksaan Katarak yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan pada retina pada mata pasien untuk memperoleh hasil perkiraan dari tajam penglihatan yang nantinya akan dimiliki setelah dilakukannya operasi katarak.

7. IOL Master

IOL Master merupakan alat yang dapat melakukan pemeriksaan untuk memperkirakan kekuatan lensa tanam yang akan dipasangkan selama dilakukannya operasi katarak. IOL Master merupakan alat yang paling canggih di kelasnya karena memiliki keunggulan tidak melakukan kontak langsung dengan mata pasien serta hasil perkiraan jauh lebih akurat dibandingkan alat biometri yang lain.

Baca Juga

6 Keunggulan Operasi Katarak Phacoemulsification

Gejala

Pandangan Mata Kabur, Penglihatan Silau, Pandangan Seperti Berasap, Terjadi Perubahan Persepsi Warna, dan Penurunan Fungsi Penglihatan merupakan gejala awal yang dimiliki oleh pasien yang mengidap gangguan penglihatan. Lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter mata terlebih jika dirasa timbul gejala-gejala tersebut.

Secepat mungkin anda segera datang ke dokter spesialis mata. Konsultasi dokter mata  yang tepat dapat mempermudah proses penyembuhan. Dokter mata akan memeriksa gangguan mata pada pasien dan melihat seberapa parah gangguan mata yang telah terjadi. Jika pasien mengalami katarak maka dokter akan menyarankan untuk melakukan prosedur operasi katarak. Operasi katarak merupakan solusi terbaik untuk dapat menyembuhkan katarak.

 

Comments

Popular posts from this blog

Buka Aura 125

Faktor Yang Membuat Wajib Memelihara Domba Dorper